Tentang Program Studi

Program Studi S1 Statistika bersama sama dengan Prodi Matematika dan Ilmu Aktuaria berada di bawah Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada sejak 1987. Dalam menjalankan program akademiknya, Prodi Statistika didukung oleh enam kelompok keahlian: Statistika, Komputasi Statistika, Aljabar, Analisis, Matematika terapan, dan Komputasi matematika. Perkuliahan di Program Studi Statistika bersama-sama dengan Prodi lain di FMIPA UGM, dijalankan lima hari seminggu dari Senin hingga Jumat, pukul 07.30 hingga 19.10. Semua kegiatan akademik berlangsung di Kampus Fakultas yang berlokasi di Sekip Utara Bulaksumur, Yogyakarta Indonesia. Perkuliahan menganut metode SCL Student Centered Learning dengan didukung oleh beberapa fasilitas portal pembelajaran dan akademik online seperti (http://elisa.ugm.ac.id) , dan (http://palawa.ugm.ac.id).

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 30/1990, gelar lulusan Prodi Statistik adalah S.Si. (Sarjana Sains / Bachelor of Science), diberikan setelah seorang siswa menyelesaikan setidaknya 144 kredit terdiri dari beberapa mata kuliah wajib dan pilihan yang dirancang untuk 8 semester. Satu SKS sama dengan kegiatan tiga jam per minggu dalam satu semester yang terdiri dari satu jam kuliah yang dijadwalkan (kuliah tatap muka), satu jam kegiatan yang tidak terjadwal (seperti mengerjakan pekerjaan rumah dan penulisan laporan atau tugas) dan jam belajar mandiri.

Secara umum, lulusan Prodi Statistika memiliki potensi untuk bekerja di sektor akademik, sebagai dosen, peneliti, atau bekerja sebagai praktisi statistik (seperti konsultan penelitian, data scientist, manajer penelitian, data manajer, manajer kualiti kontrol, dll) yang menerapkan metode statistik dalam pekerjaan mereka.